Perawatan Mobil


Untuk memudahkan kamu dalam menjadwalkan setiap keperluan perawatan mobil kesayanganmu, pastikan kamu memiliki aplikasi bengkel terpercaya di ponsel genggammu. Untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin tentunya. Jadi, jangan hanya keasyikan membawa mobilmu bepergian aja ya. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk merawat mobil agar performa mesin tetap prima dan nyaman digunakan.

Memangnya, apa saja sih hal yang perlu diperhatikan agar mesin mobil tetap awet digunakan hingga jangka waktu yang lama? Nah, untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin seperti beberapa perawatan berikut ini.

Hindari Kerusakan, Untuk Menjaga Keawetan Mobil Harus Dilakukan Perawatan Rutin Berikut Ini


  1. Menjaga Kebersihan Mobil

Untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan mobil. Kotoran yang menempel pada bagian komponen mobil untuk waktu yang cukup lama dapat menjadi kerak hingga menyebabkan komponen tersebut berkarat dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. 


Menjaga kebersihan mobil juga mencakup membersihkan interior mobil secara rutin. Jadi, bukan hanya kebersihan mesin saja yang diperhatikan. Jika ruangan dalam mobil terjaga kebersihannya, berkendara akan lebih nyaman dan rileks, sehingga turut meningkatkan keamanan dalam mengemudi. Karena itu, kamu sebaiknya menjadwalkan secara teratur kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil di bengkel cuci mobil hidrolik minimal satu kali setiap bulannya. 


  1. Memeriksa Kondisi Radiator Mobil

Yang kedua, untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin yaitu memastikan kondisi radiator mobil masih dalam kondisi baik. Radiator mobil berperan penting menjaga mesin tetap dingin dan tidak mengalami overheat yang dapat menyebabkan mobil mati mendadak alias mogok di tengah jalan.


Oleh sebab itu, pastikan air radiator mobil kamu masih dalam takaran yang cukup sebelum berkendara., terutama bila kamu ingin melakukan perjalanan jauh. Meski demikian, radiator yang masih berfungsi normal sebenarnya tidak perlu bolak-balik diisi dalam jarak waktu cukup dekat. Bila air radiator menjadi lebih cepat habis dari yang seharusnya, maka kamu sebaiknya membawa mobilmu ke bengkel untuk mengetahui kemungkinan adanya masalah pada komponen radiator tersebut.


  1. Mengganti Oli Secara Rutin

Hal terpenting untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin mengganti oli mobil. Perlu diingat bahwa mengganti oli sebenarnya bukan hanya oli mesin saja, melainkan juga oli rem dan oli transmisi pada mobil. Agar performa mesin tetap optimal, selalu cek kondisi oli apakah warna oli masih layak untuk digunakan atau sudah perlu diganti. 


Selain dari warna oli, jumlah kadar oli yang sudah berawa di bawah takaran normal juga merupakan tanda bahwa kamu harus segera mengganti oli mobil. Karena itu, untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin mengecek seluruh kondisi oli terutama saat kamu sedang melakukan service mobil sesuai jadwal yang disarankan.


  1. Memeriksa dan Merawat Aki Mobil Secara Berkala

Komponen mobil yang satu ini juga tidak kalah penting dengan ketiga komponen yang sebelumnya sudah kita bahas. Aki merupakan sumber utama sistem kelistrikan pada mobil. Maka dari itu, untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin memeriksa kondisi aki mobil agar tetap berfungsi normal.


Terdapat dua jenis aki mobil bergantung pada tipe mobil yang kamu gunakan, yaitu aki kering dan aki basah. Pada jenis mobil dengan aki basah, kamu perlu rutin mengecek jumlah kadar air pada aki, kemudian mengisi air aki yang sudah berada di bawah garis minimum yang diwajibkan. Sedangkan, untuk jenis mobil yang menggunakan aki kering, kamu bisa melakukan pengecasan aki atau mengganti aki yang sudah melewati masa pemakaian.


Agar aki mobil tidak mudah soak dan rusak, untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin dengan rajin memanaskan mobil setiap harinya. Di samping itu, mengurangi penggunaan aksesoris mobil yang menggunakan sistem kelistrikan juga turut mempengaruhi keawetan aki mobil sehingga seluruh komponen mobil yang berkaitan dengan sistem kelistrikan seperti misalnya lampu mobil, klakson, dan starter dapat berfungsi optimal untuk jangka waktu yang lebih lama.


Jadi, jangan lupa untuk menjaga keawetan mobil harus dilakukan perawatan rutin membawa mobil kesayanganmu service secara berkala di bengkel mobil terpercaya. Kali ini, ada manfaat tambahan yang akan kamu dapatkan dengan melakukan service mobil di mitra bengkel pilihan Otoklix.

Selain keuntungan yang tentunya sudah kamu ketahui sejak awal menggunakan jasa layanan bengkel mobil di Otoklix, seperti kualitas pelayanan yang memuaskan, biaya service yang jauh lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi, atau kemudahan dalam menjadwalkan booking online untuk perawatan apapun yang kamu butuhkan untuk mobilmu. 

Ada penawaran yang jauh lebih menarik lagi yang sudah pasti tidak boleh kamu lewatkan, yaitu program GoGoKlix. Dalam program ini, kamu berkesempatan mendapatkan promo gratis ganti oli selama setahun hanya dengan menyelesaikan beberapa misi tertentu saja!